6 Mata Uang Dengan Desain Terunik Di Dunia Yang Menghebohkan

6 Mata Uang Dengan Desain Terunik Di Dunia Yang Menghebohkan

Setiap negara di dunia memiliki mata uang tersendiri agar transaksi keuangan bisa berlangsung dengan lancar. Diantara banyaknya mata uang di dunia, ada beberapa yang dinilai memiliki desain yang unik. Keunikan ini bisa disebabkan dari warna mata uang ataupun gambar yang dipakai.  Namun sebelum desain uang baru ini dikeluarkan, salah satu mata uang rupiah yang dinilai memiliki desain yang aneh.

20.000 Rupiah, Indonesia

Mata uang Indonesia yang dinilai sebagai mata uang unik adalah pecahan 20 ribu bergambar Ki Hajar Dewantara. Sekilas, memang tidak ada yang aneh dengan pecahan uang satu ini. Namun warna hijau pucat yang dipakai serta wajah ilustrasi memberikan kesan unik di mata warga internasional.

10 Dolar, Australia

Pecahan 10 dolar ini dicetak pada tahun 2012. Uang tersebut menggunakan gambar Mary Gilmore, seorang penulis asal Australia, sebagai gambar utamanya. Namun sayang, setelah di cetak, sebagian warga Australia bahkan tidak bisa mengenali siapa tokoh yang ada di uang tersebut.

5 Lirot, Israel

Uang ini dianggap unik karena menggunakan gambar fisikawan Albert Einstein dalam desainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada Einstein yang juga memiliki keturunan keluarga Israel.

50 Kaneek, Belarus

Uang pecahan 50 Kaneek ini dicetak pada tahun 1992. Bersamaan dengan seri lainnya, uang yang dicetak bersamaan pada era tersebut menggunakan binatang sebagai gambar di desainnya. Namun setelah itu, pemerintah Belarus tidak lagi mencetak uang jenis ini. Uang pecahan 50 kaneek menjadi salah satu mata uang paling unik di dunia.

10 Dollar, Pulau Cook

Pulau Cook terletak di Samudera Pasifik dan termasuk dalam wilayah pemerintahan Selandia Baru. Sehari-harinya masyarakat di Pulau Cook menggunakan dolar Selandia Baru. Namun untuk memperingati budaya Polynesia, dikeluarkanlah uang pecahan 10 dolar ini. Uang ini hanya bisa digunakan di sekitar daerah Pulau Cook.

5.000 Krona, Islandia

Mata uang ini dikeluarkan oleh pemerintah Islandia. Satu hal yang membuat mata uang ini dinilai aneh adalah gambar yang dipakai. Pecahan uang ini memakai gambar seorang wanita bernama Ragnheidur Jonsdottir yang merupakan perajin pakaian islandia. Pakaian unik yang dipakai wanita tersebut dalam gambar ini membuat desain uang Islandia terlihat aneh.

Baca juga: 6 Mata Uang Sampah Yang Tidak Berharga Di Dunia

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.