6 Mata Uang Negara Paling Populer Di Dunia

6 Mata Uang Negara Paling Populer Di Dunia

Mata uang adalah hasil alami dari sistem nilai tukar mengambang yang merupakan norma bagi sebagian besar ekonomi utama. Nilai tukar satu mata uang versus yang lain dipengaruhi oleh banyak faktor fundamental dan teknis. Ini termasuk penawaran dan permintaan relatif dari dua mata uang, kinerja ekonomi, prospek inflasi, perbedaan suku bunga, arus modal, tingkat dukungan teknis dan tingkat resistensi, dan sebagainya. Karena faktor-faktor ini umumnya dalam keadaan fluks terus-menerus, nilai mata uang berfluktuasi dari satu momen ke momen berikutnya.

Sejak 2 November 1949, empat tahun setelah merdeka, Indonesia menetapkan rupiah sebagai mata uang kebangsaannya yang baru. Setiap negara tentu memiliki mata uang masing-masing yang dipakai untuk bertransaksi di dalam negeri maupun dengan negara lain. Berikut adalah mata uang Negara yang paling popular di dunia.

1. Dolar Amerika Serikat (AS)

Dolar Amerika Serikat (AS)

Saat ini, Dolar Amerika sangat dikenal di seluruh dunia. Mata Uang ini memang paling banyak dan paling mudah diperjualbelikan. Hampir 85 persen dari total transaksi di pasar valuta asing dilakukan dalam mata uang ini. Tak heran, dolar AS dikenal sebagai mata uang dunia. Apalagi, Amerika Serikat memiliki perekonomian yang sangat kuat. Tingginya nilai tukar dolar AS, salah satunya memang karena perekonomian negara ini.

2. Euro

Euro

Mata uang euro bisa dikatakan sebagai mata uang baru di dunia dimana mata uang ini diresmikan menjadi mata uang Eropa yang dirilis pada tahun 1999. Namun Euro saat ini berhasil berada di peringkat kedua sebagai mata uang paling popular di dunia, dikarenakan daya tarik wisata di Eropa membuat banyak orang yang berminat dan berkunjung ke sana dan membeli mata uang tersebut.

3. Yen Jepang

 Yen Jepang

Jepang merupakan negara termaju di kasawan Asia. Tak heran, Yen menjadi mata uang yang paling banyak diperdagangkan dan digunakan karena perdagangan dunia sebagian besar berada di Asia.

4. Pound Sterling

 Pound Sterling

Pound sterling merupakan salah satu mata uang yang memiliki nilai tukar tertinggi di dunia. Para turis yang berkunjung ke negara ini, harus rela merogoh kocek mereka lebih dalam. Selama bertahun-tahun, pound didesain dengan gambar sang ratu sebagai latar belakangnya.

Inggris memilih pound sterling sebagai mata uang resmi yang berlaku untuk alat pembayaran di negaranya. Selain itu mata uang bersimbol £ ini juga pernah menjadi mata uang internasional sebelum posisinya digantikan oleh dolar AS.

5. Franc Swiss

Franc Swiss

Franc Swiss, dikenal oleh banyak orang sebagai mata uang “netral”. Lebih tepatnya, Franc Swiss dianggap sebagai tempat yang aman di pasar, terutama karena mata uang ini cenderung bergerak dalam korelasi negatif dengan mata uang yang lebih fluktuatif seperti dolar Kanada dan Australia, bersamaan dengan hasil obligasi AS.

6. Dolar Kanada

Dolar Kanada

Dolar Canada dikenal sebagai Loonie. Sebagai eksportir besar komoditas minyak, logam mulia dan mineral, pergerakan Loonie sangat dipengaruhi pergerakan harga komoditas tersebut. Pedagang sering memperdagangkan dolar Kanada untuk berspekulasi mengenai pergerakan komoditas ini atau sebagai lindung nilai atas kepemilikan mereka atas kontrak yang mendasarinya.

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.