6 Mata Uang Sampah Yang Tidak Berharga Di Dunia

6 Mata Uang Sampah Yang Tidak Berharga Di Dunia

Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mengakui bahwa banyaknya 180 mata uang nasional sebgaai alat pembayaran yang sah, sampai saat ini dolar AS(US$) masih menjadi mata uang acuan atau patokan nilai tukar bagi mata uang lainnya.

Untuk itu, hal paling menarik dari mata uang ini adalah keterkaitannya dengan dolar AS dengan mata uang lainnya. Contohnya. Nilai tukar yang menjadi nilai tukar lebih tinggi dari dolar seperti Euro yang didunakan di Seantero Eropa.

Jika ada mata uang yang lebih tinggi dari dolar AS, maka tentu ada pula mata uang yang nilainya lebih rendah. Bahkan, ada mata uang yang nilainya terlampau jauh dari dolar AS. Misalnya, pada mata uang tertentu, nilai 1 dolar AS setara dengan puluhan ribu.

Posisi ini yang membuat banyak mata uang disebut sebagai mata uang sampah.  Apa saja mata uang sampah tersebut? Apakah mata uang Indonesia, rupiah, termasuk di dalamnya? Berikut enam mata uang sampah atau paling tidak berharga di dunia.

Rial, Iran

1 US$ = 26.683 rial

Inilai negara dengan mata uang tersampah di dunia: Iran. Negara yang pernah dipimpin oleh Mahmoud Ahadinejadi ini masih mendapatkan sanksi internasional atas program nuklirnya.

Dong Vietnam

1US$= 21.387 Dong

Mata uang Negara tentangga Indonesia ini merupakan mata uang yang tidak berharga dan telah menjadi mata uang sampah di dunia, dimana mata uang ini cukup rendah dari mata uang lainnya.

Doubra, Sao Tome

1 US$ = 19.985 dobra

Mungkin Anda bahkan belum mendengar sama sekali nama negara ini. Tempat ini merupakan surga kecil di lepas pantai Afrika. Masih minim infrastruktur, negara ini bertopang pada hasil produksi agraris.

Rupiah, Indonesia

1 US$ = Rp 14.478

Ternyata, mata uang negara kita ini masuk dalam salah satu mata uang sampah di dunia. Menurut The Economist yang dikutip oleh The Richest, masalah Indonesia diantaranya adalah infrastruktur yang buruk, birokratis dan korupsi yang merajalela.

Rubel, Balarusia

1 US$ = 11.145 rubel

Negara pecahan Uni Sovyet ini mengalami ekonomi yang buruk. Dua tahun lalu, mata uang Belarusia kehilangan 65 persen dari nilainya.

Kip, Laos

1 US$ = 11.145 rubel

Negara pecahan Uni Sovyet ini mengalami ekonomi yang buruk. Dua tahun lalu, mata uang Belarusia kehilangan 65 persen dari nilainya.

Baca juga: Daftar Mata Uang Paling Unik Dan Aneh Di Dunia

Gambar Gravatar
Jordan memulai hasratnya untuk menulis sebagai penggemar olahraga. Anda akan melihatnya meliput beberapa liga bola basket selalu mencari cerita yang bagus untuk diceritakan. Dari waktu ke waktu, ia juga membenamkan diri dalam penulisan untuk olahraga lain seperti MMA dan Sepak Bola.