Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair

Monday, January 23rd, 2017 - Uncategorized

Dinar-Aljazair

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair – Dinar (Arab: دينار) adalah mata uang resmi negara Aljazair sejak 1964 menggantikan Franc Aljazair. Nama mata uang ini diambil dari Kekaisaran Roman, Denarius. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 santeem. Mata uang ini terbagi menjadi 200, 500, 1000 dinar.

Aljazair terletak di pesisir laut tengah, afrika utara. Dinamakan Aljazair yang berarti kepulauan dalam bahasa arab. Hal ini di karenakan, ibukota Aljazair terletak di antara 4 buah pula. Aljazair yang sebagian besar warga negaranya beragama islam ini mempunyai mata uang Dinar. Dinar ini merupakan mata uang resmi negara Aljazair sejak tahun 1964 menggantikan Franc Aljazair. Dinar ini berasal dari kekaisaran Roma, Denarius.

Hingga saat ini, Aljazair menempati urutan ke tiga di benua afrika. Hasil utama dalam menopang suksesnya perekonomiannya adalah sektor pertambangan. Yakni minyak bumi dan gas alam. Bahkan di perkirakan mencapai 98% dari pendapatan nasional. Minyak bumi dari negara ini menempati urutan ke 15 di dunia dan gas alamnya menjadi peringkat ke 7 di dunia. Sahara timur adalah tempat cadangan minyak Aljazair ini.

Mata uang Dinar Negara Aljazair ini terbagi menjadi 100 santeem, pecahannya adalah 200, 500, 1000 Dinar. Jika di rupiahkan, 0.20 Dinar sama dengan 7300 rupiah.Aljazair merupakan negara yang cukup berkembang pesat dengan perekonomiannya. Dengan mengandalkan sumber-sumber minyak, sektor manufaktur telah menderita penyakit belanda.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Lira Negara Italia
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair
Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis
Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia
Sejarah Mata Uang Peseta Negara Spanyol

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair | admin | 4.5