Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

Friday, January 27th, 2017 - Uncategorized

Dinar-Irak

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak – Dinar (Sebutan Arab: [diːˈnɑːr]) (bahasa Arab: دينار, bahasa Kurdish: دینار) (lambang: د.ع; kod: IQD) merupakan matawang bagi Iraq. Ia dikeluarkan oleh Bank Pusat Iraq dan dibahagikan pada 1,000 fils (فلس), sungguhpun inflasi menjadikan fils lapuk. Pada tahun 1931, not kertas dikeluarkan oleh kerajaan dalam denominasi ¼, ½, 1, 5, 10 dan 100 dinar.

Not ini dicetak di United Kingdom oleh Bradbury, Wilkinson & Co.Dari tahun 1931 hingga 1947, not kertas dikeluarkan oleh badan matawang Iraq bagi kerajaan Iraq dan not kertas boleh ditukar bagi pound sterling. Dari 1947, not kertas dikeluarkan oleh Bank Kebangsaan Iraq, kemudian selepas tahun 1954 oleh Bank Pusat Iraq.

Irak terkenal dengan produksi minyaknya dan memiliki hubungan perekonomian dengan negara tetangga yakni Iran. Terbukti setelah mata uang Iran yakni Real diperkenalkan pada tahun 1798 untuk 1 Real bernilai 1250 Dinar. Sejarah ekonomi di Irak menunjukkan pada tahun 1968 hingga 2003 Irak mengalami pertumbuhan mata uang Dinar yang pesat sehingga membuat kemakmuran di masyarakatnya. Namun dalam beberapa dekade pemerintahan Irak mengalami stagnasi politk, sosial dan ekonomi. Karena faktor eksternal, pendapatan tahunan di Irak menurun drastis.

Sejak pertengahan 2009 , pendapatan ekspor minyak telah kembali ke tingkat sebelum Operation New Dawn dan pendapatan pemerintah telah pulih , bersama dengan harga minyak dunia . Orang Indonesia pun sudah melirik mata uang Dinar negara Irak ini sebagai salah satu bentuk investasi yang sangat menjanjikan keuntungan besar. Tidak heran kalau Dinar Iraq ini sekarang selalu dicari orang Indonesia di manapun saja. Dinar Iraq ini sekarang diibaratkan sebagai Intan Permata yang elok menawan. Terbenam dalam lumpur pun akan tetap dicari orang banyak. Kenapa selalu dicari? karena peluangnya yang sangat dahsyat sebagai pilihan investasi dan menjanjikan keuntungan besar dengan modal yang cukup kecil.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir
Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark
Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss
Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak | admin | 4.5