Sejarah Mata Uang Dinar Negara Kuwait

Wednesday, January 25th, 2017 - Uncategorized

Dinar-Kuwait

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Kuwait – Dinar Kuwait adalah mata uang yang dipergunakan di Kuwait, Asia. Kode ISO 4217-nya adalah KWD. Mata uang ini dibagi kembali menjadi 1.000 fil. Sebagai mata uang bernilai paling tinggi di dunia, 1 dinar Kuwait setara dengan Rp 41,666,20. Tahun 1990, Iraq menginvansi Kuwait dan terjadi perubahan mata uang serta pencurian uang besar-besaran. Dinar Kuwait diganti menjadi dinar Iraq. Setelah liberasi, Kuwait mencetak dan mengedarkan kembali mata uang dinar Kuwait dengan seri baru dan memperbolehkan penduduknya tetap memakai seri lama serta seri yang dicuri dengan tujuan demonetasi.

Mata uang ini diperkenalkan pada tahun 1961 untuk menggantikan Rupee Teluk. Antara tahun 1990-1991, sebagai akibat Perang Teluk I, Kuwait menggunakan dinar Irak. Mata uang ini dikeluarkan oleh Bank Sentral Kuwait, yang didirikan pada tahun 1969 dan menggantikan Dewan Mata Uang Kuwait. Bank Sentral Kuwait berkedudukan di Kota Kuwait.

Mata uang Dinar memiliki satuan fils, yaitu 1/1.000 dinar, atau bisa diartikan 1 dinar = 1.000 fils. Satuan ini digunakan pada uang logam yang beredar di Kuwait, yaitu pecahan 5, 10, 20, 50, dan 100 fils. Sedangkan uang kertas yang digunakan di Kuwait adalah uang kertas seri terbaru, tahun 2014, cetakan ke-6. Nominal uang kertas dinar Kuwait adalah ¼ dinar, ½ dinar, 1, 5, 10 dan 20 dinar.

Bidang perekonomian Kuwait tergolong sangat maju. Kuwait menjadi salah satu investor terbesar di dunia dengan nilai $8,4 trilyun di tahun 2013. Di Inggris, Kuwait menggandakan investasinya samapai $24 trilyun dan menjadi yang terbesar di Cina sejak tahun 2014.

Mata uang Dinar negara Kuwait merupakan mata uang termahal di dunia. ( 1 KD = 3,45 US$ ). Bensin termurah di dunia dengan harga sekitar Rp.1.869 perliter. Hal ini yang menjadikan Kuwait sebagai incaran ekspatriat baik muslim maupun nonmuslim untuk bekerja sebagai tenaga professional. Dinar yang menjanjikan masa depan akan lebih baik, belum lagi fasilitas keamanan yang sangat bagus, dimana negara menjalankan syariat Islam ini benar-benar membuat rasa aman penduduknya.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Krona Negara Norwegia
Sejarah Mata Uang Kwanza Negara Angola
Sejarah Mata Uang Krona Negara Swedia
Sejarah Mata Uang Peso Negara Uruguay
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Kuwait

Sejarah Mata Uang Dinar Negara Kuwait | admin | 4.5