Sejarah Mata Uang Dolar Negara Selandia Baru

Friday, January 20th, 2017 - Uncategorized

Dolar-SelandiaBaru

Sejarah Mata Uang Dolar Negara Selandia Baru – Dolar Selandia Baru (NZD), kadangkala NZ$ atau dolar NZ dan tidak resmi dikenal sebagai dolar Kiwi) adalah mata uang resmi Selandia Baru, Kepulauan Cook (dolar Kepulauan Cook), Niue, Tokelau, dan Kepulauan Pitcairn. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Reserve Bank of New Zealand. Dolar Selandia Baru diperkenalkan pada 1967 untuk mengganti Pound Selandia Baru, ketika negara ini mendesimalkan mata uangnya.

Berdasarkan sejarahnya, dolar di negara yang dijuluki Negeri Kiwi ini mulai dikenalkan sejak 1967. Pada tahun sebelumnya menggunakan Pound Selandia Baru. Dan ternyata mata uang dengan Kode ISO 4217 NZD ini tidak hanya dipakai di Selandia Baru saja. Beberapa wilayah yang ikut memakainya antara lain Kepulauan Cook, Niue, Tokelau dan Kepulauan Pitcaim. Tidak ada pembatasan mata uang asing yang dapat dibawa masuk atau dibawa keluar dari Selandia Baru. Akan tetapi, setiap orang yang membawa lebih dari NZ$10.000 dalam bentuk tunai masuk atau keluar Selandia Baru diminta melengkapi Border Cash Report.

Meskipun penggunaan kode ISO 4217 untuk mata uang Selandia Baru lebih populer untuk saat ini, namun tidak dipungkiri masih banyak yang mendefinisikan mata uang dengan simbol atau lambang. Saya kira semua sudah tau hampir semua dolar simbolnya $. Demi mencegah kekeliruan, dolar Selandia disisipi NZ menjadi NZ$.

Pekan lalu RBNZ mengumumkan pemangkasan suku bunga, ini merupakan ketiga kalinya sejak bulan Juni. Suku bunga mata uang negara Selandia baru yang bernama Dolar ditetapkan menjadi 2.75 persen dan tersirat bahwa pelonggaran lanjutan masih akan terjadi. Sebagian besar para ekonom mengharapkan suku bunga akan berkurang lagi menjadi 2.5 persen pada tahun depan, sementara beberapa lainnya berharap 2.0 persen. Dalam pernyataan kebijakan moneternya, RBNZ menyatakan GDP rata-rata tahunan diprediksi turun 2 persen tahun 2015 turun dari 3 persen di tahun lalu. Pergerakan harga Dolar New Zealand semakin merosot dengan NZD bergerak mixed setelah mengalami rally 63.20 persen saat pengumuman suku bunga Bank Sentral AS pada 0.6445 namun kemudian kembali turun pada kisaran 0.6350.

baca juga : 

Sejarah Mata Uang Kyat Negara Myanmar
Sejarah Mata Uang Baht Negara Thailand
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Australia
Sejarah Mata Uang Riel Negara Kamboja
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Selandia Baru

Sejarah Mata Uang Dolar Negara Selandia Baru | admin | 4.5