Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam

Wednesday, January 18th, 2017 - Uncategorized

Dong-VietnamSejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam – Dong Vietnam (VND) merupakan sebuah mata uang resmi negara Vietnam sejak 3 Mei 1978 menggantikan Đồng Vietnam Utara dan Selatan. Dikeluarkannya mata uang ini dikontrol oleh Bank Negara Vietnam. Simbol yang paling umum digunakan untuk đồng adalah ₫. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 10 hào. Namun, hào yang sekarang bernilai kecil sehingga tidak lagi diterbitkan.

Kata đồng dari istilah “đồng tiền” yang merupakan serumpun dari bahasa Cina untuk tóng qián (Hanzi sederhana: 铜钱; Hanzi tradisional: 銅錢). Istilah ini mengacu pada koin perunggu Cina yang digunakan sebagai mata uang selama periode dinasti Cina dan Vietnam. Istilah hào adalah serumpun dari bahasa Cina untuk “háo” (bahasa Tionghoa: 毫) yang berarti satuan mata uang di 1/10.

Saat Vietnam masih menjadi bagian dari indocina perancis, Frecnch Indoschinese piastre adalah mata uang yang berlaku disana. Dalam tulisan di mata uang Vietnam, istilah dong bisa diartikan sebagai perak. Setelah Prancis meninggalkan Vietnam, kemudian baik Vietnam maupun Vietnam Utara membuat dan mencetak uang versi masing – masing regional. Namun, nama yang digunakan untuk mata uang tersebut adalah Dong.

Mata uang Dong yang diperkenalkan di Vietnam Selatan diedarkan pertama kali pada tahun 1952. Kehadiran mata uang ini juga turut menggantikan Piastre at par yang berlaku di Vietnam Selatan. Kemudian Vietnam Utara dan Vietnam selatan memutuskan untuk bersatu. Oleh sebab itu Dong

Vietnam Utara dan Dong Vietnam Selatan juga mengalami penyatuan sejak tanggal 3 Mei 1978. Sejak saat itu Dong Vietnam Utara dapat ditukerkan dengan mata uang Dong baru yang nilai tukarnya 1 : 1. Sementara itu mata uang Vietnam Selatan dapat ditukarkan hanya 8 hao. Pada tanggal 4 September 1985, Vietnam melakukan revaluasi lagi untuk Dong yang baru sehingga nilai 10 dong lama setara dengan 1 Dong Baru.

Mata uang negara Vietnam yang bernama Dong merupakan salah satu dari 10 mata uang paling murah di dunia. Tepatnya masuk posisi 5 terbawah bersama riyal Iran, dobra Sao Tome, kip Laos, dan rupiah Indonesia.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina
Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia
Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Singapura
Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam

Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam | admin | 4.5