Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani

Monday, January 23rd, 2017 - Uncategorized

Drakhma-Yunani

Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani – Drakhma (₯; bahasa Yunani: δραχμή dibaca: “drakhme” atau “drakhma) adalah mata uang yang digunakan di Yunani dalam beberapa periode sejarahnya. Uang kuno Yunani yang banyak beredar di berbagai kota-negara kuno Yunani dan negara-negara penggantinya, serta di banyak kerajaan di Asia Barat Daya pada masa Helenistik. Mata uang ini dipakai sekitar 10 abad, dari zaman Yunani kuno sampai periode Klasik, periode Helenistik sampai periode Romawi di bawah Greek Imperial Coinage.

Pada sekitar zaman Perjanjian Baru (periode Romawi), mata uang drakhma, dalam dunia Persia dan Arab disebut dirham, adalah uang dari Persia yang beratnya kira-kira 8 gram. Sebutan ini juga digunakan untuk uang perak Yunani yang nilainya hampir sama dengan satu dinar. Dua drakhma/dirham (disebut didrachm) adalah bea untuk Bait Allah. Uang Yunani modern, yang pertama diperkenalkan pada tahun 1832, dan terakhir digantikan oleh euro pada 2001 (saat itu nilai tukarnya 340,750 drakhma per 1 euro). Euro baru mulai diedarkan tahun 2002 tetapi nilai tukar itu sudah ditetapkan pada tanggal 19 Juni 2000, dengan perkenalan mata uang euro secara resmi dan legal pada tanggal 1 Januari 2002.

Untuk standart hidupnya, mata uang Drakhma negara Yunani ini tergolong tinggi. Yakni berada di urutan 24 dalam Indeks Pembangunan Manusia pada tahun 2005 .kebijakan fiskal yang di ketatkan oleh pemerintah dalam rangka masuknya zona Euro pada 1 Januari 2001 membuat perekonomian negara kian pesat. Saat ini, kondisi keuangan Yunani sedang tidak stabil. Banyak bank-bank yang di tutup. Dan karena hal ini menyebabkan kerugian hingga 3 milliar Euro dalam 3 minggu.

Salah satu tulang punggung bagi perekonomian Yunani adalah laut dan pelayaran. Banyak orang Yunani yang bekerja dengan mengandalkan pelayaran.Sejumlah orang Yunani menjadi nelayan dan menjual sebagian hasil tangkapannya di pasar. Beberapa lainnya adalah pedagang yang menjual barang dagangannya ke negeri-negeri yang jauh melalui laut.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru
Sejarah Mata Uang Zloty Negara Polandia
Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Taiwan
Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda

Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani | admin | 4.5