Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia

Monday, January 23rd, 2017 - Uncategorized

Franc-Belgia

Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia – Belgia adalah sebuah negara dari dua kelompok etnik, Flandria dan Perancis, yang mana sebagian besarnya adalah Walloon dan sekelompok kecil adalah pembicara bahasa Jerman. Franc menjadi mata uang Rwanda semenjak tahun 1916, ketika Belgium menduduki Rwanda yang sebelumnya merupakan jajahan Jerman, sehingga Franc Kongo Belgia menggantikan Rupie Afrika Timur Jerman.

Pada saat itu Belgia menjajah Rwanda yang sebelumnya menjadi jajahan Jerman, padahal Rwanda sendiri menggunakan mata uang Kongo Belgia hingga tahun 1960. Kemudian Rwanda mulai menerbitkan mata uang Franc untuk pertama kalinya pada tahun 1964. Mata uang Franc terdiri dari dua jenis yakni kertas dan logam. Untuk mata uang jenis logam terdri dari pecahan bernilai 1 franc hingga 100 Franc.

Uniknya setiap nilai dibuat dari bahan logam yang berbeda. Untuk nilai nominal 1 franc dibuat dari aluminium dan magnesium, untuk 5 dan 10 Franc dibuat dari perunggu, untuk 20 dan 50 Franc dibuat dari nikel berlapis besi, dan 100 Franc dibuat dari nikel berlapis cincin besi dan tembaga berlapis besi. Dari jenis mata uang Franc kertas terdiri dari nilai nominal 100, 500, 1000. 2000. Dan 5000 Franc.

Sebetulnya mata uang Franc dari Belgia ini sudah digunakan sebelum Euro, dan tidak berbeda dari mata uang lainnya Franc mengalami pembaharuan dari tahun ke tahun. Contohnya untuk tahun pembuatan 1990 hingga 1994 sudah tidak digunakan lagi pada tahun 2001 hingga 2002. Tidak berbeda jauh dari uang kerta, jenis uang franc logam juga semakin jarang dijumpai hingga saat ini diburu oleh kolektor benda seni.

Ternyata ada satu keunikan lagi dari mata uang Franc negara Belgia ini dimana orang Belgia memiliki berbagai 3 bahasa atau tepatnya 3 dialek untuk menyebut uang Franc yakni bahasa Perancis, Flemish Belanda, dan Jerman. Contohnya untuk uang Franc dengan nominal 2000 disebut Nationale Bank Van Belgie 2000 Tweeduizend Frank, Banque Nationale De Belgique 2000 Deux Mille Francs, dan Belgische National Bank 2000 Zweitausend Franken.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Lira Negara Italia
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair
Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis
Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia
Sejarah Mata Uang Peseta Negara Spanyol

Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia | admin | 4.5