Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis

Monday, January 23rd, 2017 - Uncategorized

Franc-Perancis

Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis – Franc (₣) merupakan nama beberapa unit keuangan. Franc yang paling dikenali adalah Franc Swiss yang merupakan salah satu mata uang yang terpenting di dunia. Franc juga merupakan nama mata uang Perancis terdahulu, yaitu Franc Perancis, sebelum negara tersebut menerima pakai euro sebagai mata uang. Nama franc dikatakan berasal dari tulisan bahasa Latin francorum rex (Raja Orang Frank) pada koin Perancis awal, atau perkataan bahasa Perancis franc, yang bermakna “bebas” atau “jujur.”

Selain di Eropa, mata uang Franc juga digunakan di Afrika dan Kepulauan Pasifik, kebanyakan merupakan bekas jajahan Perancis, a.l. Franc Burundi, Franc Komoro, Franc Rwanda, Franc CFA (14 negara di Afrika), dan Franc CFP (3 negara Polinesia). Franc dipakai sebagai mata uang sejak tahun 1945 menggantikan mata uang sebelumnya bernama Franc CFP. Setiap mata uang Franc dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Perancis), dan Centesimi (Italia). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 francs.

Kesepakatan tenang perpindahan penggunaan mata uang Franc negara Perancis tersebut terjadi pada bulan Januari 2001. Perancis, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Franc kini sudah diganti dengan Euro, tetapi pergantian tersebut belum mempengaruhi negara lain dengan mata uang Franc. Tercatat, Perancis menjadi negara ketiga yang meninggalkan mata uang aslinya setelah Belanda meninggalkan Gulden, dan Irlandia meninggalkan Punt.

Sejak peluncuran mata uang Euro pertama kali di Perancis, peminat Franc langsung berpindah ke Euro. Secara perlahan masyarakat Perancis beralih ke Euro dan uniknya ada beberapa warga merasa kurang nyaman menggunakan Euro. Memang sangat sulit menghilangkan kebiasan memakai mata uang lama diganti mata uang baru. Meski begitu masih ada warga merasa nyaman memakai mata uang asli Perancis versi Franc. Untuk nilai tukar Franc terhadap Rupiah terbilang cukup tinggi dimana 1 Franc = Rp 13.400.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Lira Negara Italia
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Aljazair
Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis
Sejarah Mata Uang Franc Negara Belgia
Sejarah Mata Uang Peseta Negara Spanyol

Sejarah Mata Uang Franc Negara Perancis | admin | 4.5