Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Franc-Swiss

Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss – Franc Swiss merupakan sebuah mata uang negara Swiss dan Liechtenstein sejak tahun 1798. Mata uang ini setiap satuannya dibagi menjadi 100 Rappen (Jerman), Centime (Perancis), dan Centesimi (Italia). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50, 100, 200, 1000 francs. Swiss merupakan anggota Uni Eropa yang tidak mengikuti sistem nilai tukar yang ditentukan di eurozone yakni Euro dan tetap menggunakan mata uang asli, Franc. Hal ini juga dilakukan oleh pengguna franc seperti negara Liechtenstein.

Swiss mempunyai ekonomi yang sangat stabil, makmur, dan berteknologi tinggi. Pada tahun 2011, negara ini termasuk dalam golongan negara termakmur di dunia berdasarkan pendapatan per kapita.Negara ini berada diurutan kesembilan belas pada besarnya produk domestik bruto dan berada pada urutan ke-36 berdasarkan keseimbangan kemampuan berbelanja. Swiss juga berada pada urutan ke-20 menurut ekspor, meski ukurannya yang kecil. Swiss juga mendapatkan rating tertinggi di Eropa untuk Indeks Kebebasan Ekonomi 2010.Pendapatan per kapita negara ini pun lebih tinggi daripada kebanyakan negara Eropa Barat lainnya, dan Jepang.

Switzerland atau Swiss melakukan proses cetak dan pengedaran mata uang Franc kertas – atau disebut banknotes – oleh Bank Nasional Swiss (pencetaknya berada di Zurich, Orell Füssli Arts Grapiques SA) dan cetak koin dilakukan oleh Swissmint. Bahasa yang digunakan oleh Swiss adalah bahasa Jerman, Itali, Romania, dan Perancis. Namun keragaman bahasa tersebut tidak digunakan pada cetak koin. Uniknya, cetak koin justru menggunakan bahasa Latin, sebagai bahasa netral. Uang koin yang beredar sampai sekarang adalah pecahan 5, 10, dan 20 centimes serta ½, 1, 2 dan 5 franc. Centime (plural centimes) atau centimo atau rappen adalah sub unit dari 1 swiss franc (1 swiss franc = 1/100 centimes).

Mata uang Franc negara Swiss memiliki pecahan 10, 20, 50, 100, 200, dan 1.000 franc. Untuk nilai tukar Swiss, adalah 1 swiss franc (kode ISO CHF) terhadap rupiah (kode ISO IDR) adalah 13.477, 58 (standar mid-market rates 5:15), sedangkan nilai tukarnya terhadap US dollar adalah 1 dollar = 1.02 swiss franc.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir
Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark
Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss
Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss | admin | 4.5