Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda

Monday, January 23rd, 2017 - Uncategorized

Gulden-Belanda

Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda – Gulden Belanda (bahasa Belanda: gulden [ˈɣʏldən]; mata uang: ƒ atau fl.) adalah mata uang Belanda sejak abad ke-17 hingga 2002 ketika digantikan oleh euro. Antara 1999 dan 2002, gulden secara resmi menjadi “subunit nasional” untuk euro. Tetapi, pembayaran fisik hanya dapat dilakukan dengan gulden, karena tidak ada koin atau uang kertas euro yang tersedia. Gulden masih digunakan di Antillen Belanda, sebuah dependensi Belanda, meski mata uang ini berbeda dari gulden Belanda. Pada 2004, gulden Suriname digantikan dengan dolar Suriname.

Nama gulden merupakan kata sifat bahasa Belanda Pertengahan yang berarti “emas”, dan nama ini menunjukkan bahwa koin ini terbuat dari emas asli. Simbol ƒ atau fl. untuk guilder Belanda berasal dari mata uang lama lainnya, yaitu florijn, yang disebut florin dalam bahasa Indonesia. Ternyata selain negara wilayah Eropa, Indonesia juga pernah menggunakan mata uang Gulden Belanda ini yakni sejak tahun 1610 hingga 1817. Namun setelah tahun 1817 mulai diperkenalkan mata uang baru yakni gulden Hindia Belanda pada saat penjajahan Jepang

Ekonomi Belanda adalah ekonomi terbuka yang sangat bergantung pada perdagangan internasional. Belanda berada di posisi keenam belas berdasarkan perolehan PDB. Ekonominya berkembang dengan sangat baik pada tahun 1998 – 2000, namun mengalami pertumbuhan pada tahun 2001 – 2005 karena perlambatan pertumbuhan ekonomi dunia. Inflasi sebesar 1,3% dan direncanakan untuk tetap berada dibawah 1,5%.

Dalam ekonomi internasional, Belanda merupakan pendiri lembaga ekonomi penting dunia seperti Uni Eropa, WTO dan OECD. Sebagai pendiri Uni Eropa, Belanda menjadi salah satu negara pertama yang mengganti mata uangnya dari gulden menjadi euro. Ekspor utamanya bergerak di bidang mesin, kimia dan pengolahan makanan. Mitra ekspor terbesar adalah Jerman, RRC, Belgia, Amerika Serikat dan Britania Raya.

Nilai tukar  mata uang Gulden negara Belanda masih setara untuk kontrak lama dan untuk pertukaran mata uang pendahulu euro di bank sentral, adalah 2.20371 gulden Belanda (NLG) untuk 1 euro (EUR). Bila ditukar, nilainya adalah EUR 0.453780 untuk NLG 1.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru
Sejarah Mata Uang Zloty Negara Polandia
Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Taiwan
Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda

Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda | admin | 4.5