Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Krona-Denmark

Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark – Krona adalah mata uang dari Denmark termasuk kepulauan Greenland dan Faroe. Bentuk jamak dari Krone dan satu krone merupakan pecahan dari 100 Øre. Kode ISO 4217-nya adalah DKK; di dalam negeri sering disingkat sebagai “kr.”. biasanya, perbedaan DKR atau Dkr adalah sen.

Denmark, yang menganut konsep ekonomi kapitalis pasar campuran sekaligus kesejahteraan sosial, adalah negara yang mempunyai pendapatan tertinggi di dunia. Berdasarkan majalah Forbes, Denmark adalah negara yang memiliki iklim bisnis terbaik. Dari tahun 2006 sampai 2008, survei mengatakan bahwa Denmark adalah “tempat yang paling menyenangkan di dunia”, dipandang dari standar kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan.

Survei Global Peace Index tahun 2009 mengatakan bahwa Denmark menduduki posisi negara paling damai kedua di dunia, setelah Selandia Baru. Pada tahun 2009, Denmark adalah salah satu dari negara yang paling tidak korup di dunia berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi, posisi kedua setelah Selandia Baru. Dibalik kesuksesan pereknomian mata uang Krona Denmark, ternyata zaman dulu ada kisah sejarah dimana pada tahun 500SM – 1M di zaman besi sebelum adanya bangsa Romawi penduduk asli Denmark melakukan imigrasi besar-besaran ke daerah selatan Eropa. Kemudian pada saat bangsa Romawi berdiri terjalin hubungan perdagangan dengan suku-suku asli di Denmark mulai ramai. Dari situlah muncul alat transaksi berupa koin Romawi di Denmark.

Dengan bermodalkan tata cara dalam perekonomian di zaman Romawi, mata uang Krona negara Denmark bertahan dengan baik hingga saat ini. Tidak sedikit negara-negara lain mencontoh sistem perekonomian negara ini. Dari kisah sejarah itulah setiap negara mulai mengenal sistem ekonomi untuk menggunakan mata uang sebagai alat transaksi. Pada saat ini zaman semakin maju dan sistem keuangan modern mulai dijalankan walau masih ada beberapa kendala.

Kesimpulan, Denmark telah membuktikan satu hal penting, demokrasi yang berjalan baik diiringi dengan akuntabilitas dan kredibilitas pemerintah, serta tingkat kepercayaan publik yang tinggi terhadap pemerintah telah berhasil menempatkan negara tersebut menjadi salah satu contoh negara sejahtera

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir
Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark
Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss
Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark | admin | 4.5