Sejarah Mata Uang Kwanza Negara Angola

Wednesday, January 25th, 2017 - Uncategorized

Kwanza-Angola

Sejarah Mata Uang Kwanza Negara Angola – Angola adalah negara bagian yang terletak di Afrika bagian barat daya. Angola ini mempunyai mata uang yang bernama Kwanza. Kwanza ini mempunyai pecahan mulai dai 100kz, 200kz, 500kz, sampai 1000kz. Apabila di samakan dengan rupiah, maka 10000 rupiah sama dengan 99.6kz. Angola ini berbatasan dengan 4 negara. Yaitu, naminia, republik kongo, zambia, dan samudra atlantik.

Sebuah provinsi di angola yang berbentuk ekslave bernama cabinda ini berada di perbatasan dengan republik kongo. Luasnya negara ini hampir 2 kali lipat luas pulau borneo. Yang unik, negara Angola ini merupakan salah satu produsen kopi utama di dunia. Dan bisa di bilang negara terkaya sumber alamnya di afrika selatan. Namun perang yang berkepanjangan hampir seperempat abad membuat ekonomi negara ini selalu dalam kekacauan, sumber daya alamnya walaupun banyak namun untuk sektor ekonominya Angola masih rendah. Sekitar 85% penduduk negara ini bekerja di bidang pertanian. Produksi minyak merupakan sumber sektor ekonomi terbesar negara ini.

Kontribusi yang di sumbangkan mata uang Kwanza adalah 45% dari GDP dan 90% dari ekspor negara Angola ini sendiri. Sonangol grup bertugas untuk mengontrol pengawasan industri minyak di negara ini. Sonangol grup ada;ah sebuah konglomerat yang dimiliki pemerintah Angola. Meskipun perjanjian damai sudah di tanda tangani sejak november 1994, namun jutaan lahan tetap terbengkalai. Bahkan kemungkinan pertempuran masih mungkin terjadi.

Pada akirnya, para petani pun malas untuk menggarap sawahnya. Akhirnya, persediaan makanan di negara ini pun menipis dan harus mengimpor bahan makanan untuk kelangsungan hidup para warga negaranya. Ekonomi ngara ini akhirnya berkembang sedikit demi sedikit. Yaitu sekitar 4% dalam setahun. Mulai dari tahun 1999, Denominasi mata uang baru pun di lakukan. Termasuk pecahan 1 dan 5 kwanza.

Mata uang Kwanza negara Angola kembali stabil setelah produksi minyak meningkat pada tahun 2000. Namun sektor yang lainnya tidak membawa hasil. Angola melakukan perjanjian ekonomi strategis pada tahun 2002 dengan china. Pada akhirnya, investasi China pun sekarang berada di sektor konstruksi dan metarologi.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Krona Negara Norwegia
Sejarah Mata Uang Kwanza Negara Angola
Sejarah Mata Uang Krona Negara Swedia
Sejarah Mata Uang Peso Negara Uruguay
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Kuwait

Sejarah Mata Uang Kwanza Negara Angola | admin | 4.5