Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania

Sunday, January 22nd, 2017 - Uncategorized

Lek-Albania

Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania – Lek Albania atau dalam bahasa Albania Lekë adalah mata uang resmi Albania yang setiap satuannya dibagi menjadi 100 qindarka. Mata uang ini pertama kali dipakai sejak tahun 1912 berasal dari Mata uang Ottoman. Nama lek berasal dari Alexander the Great. Setiap satuannya di bagi menjadi 100 qindarka. Qindarka ini juga berasal dari bahasa Albania yang berarti seratus. Mata uang Lek ini di pakai sejak tahun 1912 yang sebelumnya mata uangnya bernama Ottoman. Lek ini di ambil dari nama Alexander the great. Yakni nama raja makedonia kuno. Jika di tukar dengan rupiah, nilai nya adalah Rp 100 sama dengan L 0,93.

Albania adalah negara dengan sebagian besar daerah pegunungan di eropa, salah satu pegunungannya yang terkenal yaitu pegunungan Alpen. Tirane adalah ibukota sekaligus kota terbesar di Albania. 30% wilayah Albania merupakan Hutan Semak. Sekitar setengah dari orang Albania hidup di peternakan atau di daerah pedesaan, sebagian lagi hidup didaerah pantai adriatik bekerja di perikanan untuk mendapatkan mata uang Lek yang berlaku di negara itu.

Dalam sector ekonomi, negara Albania mengandalkan pertanian. Kehidupan Negara Albania masih sederhana, bahkan kepemilikan atas mobil pribadi masih dianggap illegal sampai tahun 1991. Transportasi utama yang digunakan oleh Negara ini adalah Bus dan Kereta Api. Di dalam menjalankan kehidupan sehari-hari nya, warga Albania cukup disiplin mengelola pertanian maupun perikan dengan teratur sehingga mereka dapat memnuhi kebutuhan pangan mereka sendiri tanpa melakukan banyak impor.

Mata Uang Lek Negara Albania di golongkan menjadi salah satu mata uang terlemah di Eropa. Di Albania, pertanian merupakan salah satu sektor terpenting dalam ekonomi Albania. Tanaman utama yang di Albania adalah jagung, anggur, zaitun, kentang, bit, sayuran, dan gandum. Ternak juga banyak di jadikan sumber perekonomian di negara ini. Hewan yang di ternak antara lain yaitu sapi, unggas, kambing, dan domba. Bisa di katakan, Albania ini lebih sering mengimport daripada mengeksport. Yang menjadi mitra dagang utamanya adalah negara Italia.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Escudo Negara Portugal
Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia
Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania
Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia
Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan

Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania | admin | 4.5