Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria

Friday, January 27th, 2017 - Uncategorized

Lev-Bulgaria

Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria – Bulgaria merupakan negara yang terletak di Eropa Tenggara berbatasan langsung dengan 5 negara yakni Rumania, Yunani, Serbia, Republik Makedonia, dan Turki. Tidak banyak orang mengenali mata uang dari Bulgaria ini. Lev (Bulgaria: лев) merupakan sebuah mata uang resmi negara Bulgaria sejak tahun 1881. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 stotinka. Mata uang ini terbagi menjadi 2, 5, 10, 20, 50, 100 leva.

Sejarah, perekonomian Bulgaria ternyata memiliki sejarah dan untuk mata uangnya pernah mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Dari kisah sejarahnya Bulgaria menjadi satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling stabil di dunia, namun negara ini pernah juga mengalami keterpurukan pada zaman dinasti Asen tahun 1257. Keterpurukan perekonomian disebabkan karena faktor konflik internal. Namun setelah berakhirnya dinasti Asen perekonomian dan mata uang Lev semakin membaik.

Industri pertambangan Bulgaria adalah penyumbang penting bagi pertumbuhan ekonomi negara ini dan mencapai $ 760 juta.Di Eropa, peringkat negara sebagai penghasil tembaga terbesar ke-3, penghasil seng terbesar ke-6 , penghasil batu bara terbesar ke-9, dan penghasil bismut terbesar ke-10 di dunia. Pengolahan logam yang mengandung besi, di antaranya produksi baja dan besi gubal, terutama berada di Kremikovtsi, Pernik, dan Debelt. Kira-kira 14% dari keseluruhan produksi perindustrian yang berkaitan dengan mesin bangunan, dan 20% buruh dipekerjakan di bidang ini.

Negara dengan ibukota Sofia ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan di sektor ekonomi, sepertinya pengalaman di zaman kuno memberikan pelajaran bagi negara ini dan terbukti perekonomian Bulgaria saat ini memiliki PDB per kapita sebesar 12.052 Dollar Amerika. Dalam menumbuh kembangkan perekonomiannya, Bulgaria mengandalkan sektor pertambangan seperti tembaga, emas, besi, batu bara, kilang minyak, bismuth dan manufaktur.

Perputaran mata uang Lev negara Bulgaria ini tergolong cepat dan stabil dimana pembangunan dari sektor pajak kendaraan, komponen senjata api, dan bahan bangunan semakin cepat. Setiap warga negara Bulgaria sering menggunakan mata uang sendiri daripada mata uang luar negeri, dengan jumlah penduduk sekitar 7.351.234 orang ternyata pada tahun 2011 saja negara ini memiliki 3,2 juta tenaga kerja produktif. Hampir setengah dari jumlah total penduduk memiliki lapangan pekerjaan, tetapi ada beberapa faktor penghambat dari perekonomian di Bulgaria yaitu korupsi dalam bidang service umum dan penegakan keadilan yang lemah.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir
Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark
Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss
Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria | admin | 4.5