Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Ngultrum-Bhutan

Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan – Tidak banyak informasi tentang harga kurs mata uang ngultrum Bhutan. Uang dengan kode ISO 4217 BTN ini nilainya dipatok setara dengan rupee India. Pematokan ini dimulai sejak ngultrum mulai dipopulerkan. Sepertinya penduduk Bhutan benar-benar menyebut mereka sendiri sebagai warga Negara Naga. Terbukti bahkan sampai uangnya pun bergambar hewan mirip ular raksasa.

Meski menjadi salah satu yang terkecil di dunia, ekonomi Bhutan telah berkembang pesat sekitar 8% sampai dengan 14%. Rata-rata pendapatan per kapita Bhutan adalah US$1.321 yang membuatnya tertinggi di Asia Selatan. Standar hidup Bhutan berkembang dan merupakan salah satu yang terbaik di Asia Selatan.

Pertanian menyediakan mata pencaharian buat lebih dari 80% penduduk. Praktik agraria sebagian besar terdiri atas pertanian subsisten dan peternakan hewan. Kerajinan tangan, khususnya menjahit dan produksi seni keagamaan untuk altar rumah merupakan industri kecil milik rakyat dan sumber sekian pendapatan. Pemandangan yang berbeda dari pegunungan berbukit yang kasar membuat pembangunan jalan dan infrastruktur lainnya sulit dan mahal. Ini, dan tiadanya akses ke laut, menyebabkan Bhutan tidak pernah bisa dapat untung dari perdagangan yang signifikan dari produknya.

Mata uang Ngultrum di Bhutan mulai diperkenalkan sejak tahun 1974 menggantikan rupee India. Meskipun merupakan mata uang resmi, tapi di negara yang rajanya bernama Jigme Khesar dan Namgyel Wangchuck ini tidak ada larangan transaksi jual beli sehari-hari menggunakan uang rupee India. Dalam bahasa Bhutan, ngultrum ditulis དངུལ་ཀྲམ dan dibaca Dzongkha. Simbol atau tanda mata uang yang umumnya disisipkan saat menuliskan sejumlah uang ngultrum ini tidak begitu ribet seperti India. Kalau rupee India menggunakan lambang ₹, ngultrum Bhutan cukup Nu saja.

Meskipun tidak ditukarkan secara independen dan dipatok dengan rupee negara tetangga, mata uang Ngultrum negara Bhutan memiliki bank sentral sendiri yang bernama The Royal Monetary Authority of Bhutan, dan tentu saja dalam pencetakan uangnya dibikin dengan pecahan-pecahan tertentu yang berguna untuk memudahkan warganya bertransaksi. Pecahan tersebut berupa 1, 5, 10, 20, 50, 100, 500, 1.000 ngultrum.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Kuba
Sejarah Mata Uang Rupee Negara India
Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan
Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh
Sejarah Mata Uang Rupee Negara Pakistan

Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan | admin | 4.5