Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru

Tuesday, January 24th, 2017 - Uncategorized

Nuevo-Sol-Peru

Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru – Nuevo sol ([nweβo ˈsol], (matahari baru) jamak: nuevos soles; tanda mata uang: S/.) adalah mata uang dari negara Peru. Mata uang ini dibagi kedalam pecahan 100 sen, disebut céntimos dalam Bahasa Spanyol. Kode mata uang menurut ISO 4217 adalah PEN. Mata uang ini kebanyakan dikenal sebagai sol. Namanya adalah pengembalian dari mata uang bersejarah Peru, sol yang digunakan dari abad 19 sampai tahun 1985. Meskipun derivasi dari sol adalah dari bahasa latin solidus, kata ini juga terjadi berarti matahari dalam Bahasa Spanyol. Ada suatu kontinuitas karenanya dengan yang Peru inti lama, yang dinamai Inti, para Dewa Matahari dari Suku Inca.

Dasar ekonomi Peru telah berubah-ubah secara meluas selama beberapa dekad terakhir. Kerajaan 1968-1975 dari Juan Velasco Alvarado memperkenalkan reformasi radikal, termasuk reformasi pertanian, pengambilalihan syarikat asing, pengenalan suatu sistem perancangan ekonomi, dan penciptaan dari sektor milik negara besar. Eksport utama Peru adalah tembaga, emas, seng, tekstil, dan tepung ikan; rakan utama perdagangan adalah Amerika Syarikat, China, Brazil, dan Chile. Walaupun eksport telah memberikan pendapatan yang cukup besar, pertumbuhan diri yang berterusan dan mesej [edaran [dari] pendapatan] lebih egaliter telah terbukti sukar difahami.[13]

Ekonomi Peru merupakan yang ke-42 terbesar di dunia. Pada tahun 2007, mata uang Nuevo Sol baru mengalami kadar pertumbuhan sebanyak 9%, yang terbesar di Amerika Latin, dan ini diulangi pada tahun 2008 dengan tingkat 9.8%, pada tahun 2006 dan 2007, Bursa Saham Lima tumbuh sebanyak 185.24% dan 168.3% masing-masing.

Mata uang Nuevo Sol negara Peru saat ini bernilai USD 1 = PEN 3.25. Artinya PEN 1 = IDR 4.259,08. Penggunaan mata uang diberlaukan 2 pilihan yakni menggunakan mata uang Peru, nama mata uang negaranya adalah Nuevo Sol atau US Dollar. Koin yang berlaku di Peru terdiri dari 5 jenis : 2 dan 1 Nuevo Sol, 10, 20, 100, dan 200.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru
Sejarah Mata Uang Zloty Negara Polandia
Sejarah Mata Uang Drakhma Negara Yunani
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Taiwan
Sejarah Mata Uang Gulden Negara Belanda

Sejarah Mata Uang Nuevo Sol Negara Peru | admin | 4.5