Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina

Thursday, January 19th, 2017 - Uncategorized

Peso-Filipina

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina – Peso Filipina dengan kode: PHP adalah mata uang resmi di Filipina. Peso ini dibagi menjadi 100 centavo. Sebelum tahun 1967, bahasa yang digunakan pada uang kertas dan koin adalah bahasa Inggris, dan sebagainya “peso” adalah nama yang digunakan. Ketika bahasa yang digunakan diubah menjadi bahasa Cebuano, ini berubah menjadi “piso”. Peso biasanya dilambangkan dengan simbol “₱”. Cara lain penulisan tanda peso Filipina adalah “PHP”, “PhP”, “Php”, dan/atau “P”.Uang logam dan uang kertas yang dibuat di Kompleks Pabrik Keamanan di Bangko Sentral ng Pilipinas.

Peso sendiri artinya “berat”. Berasal dari bahasa Spanyol dan mengacu pada koin Spanyol yang dulu digunakan sebagai alat pembayaran. Tujuh negara tersebut tetap memakai nama peso sebagai mata uang resmi hingga saat ini. Selain itu, sebenarnya masih banyak negara lain yang sempat menggunakan nama ini. Kebanyakan dari mereka adalah negara-negara bekas koloni Spanyol. Orang Filipina sendiri menyebut mata uang mereka dengan nama Piso ng Pilipinas. Sedangkan bahasa Spanyol-nya Peso Filipino. Bahasa Inggris, bahasa internasional, dan Indonesia, menyebutnya Peso.

Bank sentral negara pemilik lagu kebangsaan Lupang Hinirang (Tanah Terpilih) ini adalah Banko Sentral ng Pilipinas. Sedangkan yang bertugas mencetak uang mata uang Filipina yakni Kompleks Pabrik Keamanan. Uang yang dicetak sama seperti uang kita, ada kertas dan ada koin juga.
Pada awal kwartal ke-3 tahun 2015 harga satu Peso Filipina setara dengan 870 Rupiah Indonesia. Peso pun sempat mencapai 48,260 per dollar AS yang merupakan level terendah sejak September 2009.

Mata uang negara Filipina yang bernama Peso juga merupakan mata uang dengan kinerja terburuk di Asia selama tiga bulan terakhir dengan tingkat depresiasi mencapai 2,7 persen. Menurut market strategist Oanda Asia Pacific Pte Jeffrey Halley, pelemahan peso lebih disebabkan kondisi politik terkait genderang perang yang ditabuh Duterte terhadap peredaran narkoba dan “serangan” kepada mitra-mitra dagang utama.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina
Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia
Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Singapura
Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina | admin | 4.5