Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Pound-Mesir

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir – Pound Mesir (Arab: الجنيه المصرى, el-Gineih el-Maṣrī) merupakan sebuah mata uang resmi negara Mesir sejak tahun 1834. Kode mata uangnya adalah EGP. Mata uang ini setiap satu-satunya dibagi menjadi 100 piastre. Mata uang ini terbagi menjadi 5, 10, 25, 50 irsh, 1, 5, 10, 20, 50, 100, 200 gineih. Republik Arab Mesir, lebih dikenal sebagai Mesir, adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan sebagai salah satu negara maju di Afrika dan merupakan Negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Mesir hiroghph negara agraris. Sebagian besar penduduk Mesir hidup dari bercocok tanam. Petani-petani di Mesir disebut Fellah atau Felaitin.Para petani kaya umumnya sebagai penyewa tanah. Sebagian besar tanah pertanian Mesir dikuasai oleh para tuan tanah. Setelah dibangun bendungan-bendungan. pertanian Mesir berkembang pesat. Hasil pertanian Mesir, antara lain, gandum. kapas, gula jagung, padi, dan kacang. Kapas merupakan komoditas ekspor terbesar negara Mesir.

Kenapa bisa Mesir yang berlokasi di Benua Afrika menggunakan mata uang Pound? Ternyata penggunaan mata uang Pound tersebut tidak terlepas dari kegiatan pariwisata di negara tersebut. Meskipun banyak warga asli di negara itu tahu bahwa Mesir, Nama Mata Uang Negaranya Adalah Pound mereka tetap menganggap mata uang Pound adalah mata uang asli Mesir. Selain mengandalkan sektor pariwisata, Mesir masih menggantungkan perekonomian dari hasil alam minyak bumi dan pajak Teruzan Suez. Pariwisata budaya adalah tema yang diusung Mesir untuk menarik perhatian pelancong. Berbagai tujuan utama di negara ini adalah Lembah Raja, Piramid Giza, sdan Kuil Karnak.

Mata uang Pound negara Mesir memiliki pemasukan tertinggi dari sektor pariwisata, dibuktikan dengan catatan jumlah pengunjung setiap tahunnya mencapai 2 juta orang dan terus meningkat pada tahun berikutnya. Mesir ternyata sangat kaya akan bahan tambang dan pertanian. Sebagian besar pemasukan negara berasal dari pertanian utama yang terdiri dari beras, gula, domba, ayam, kapas, dan gandum.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir
Sejarah Mata Uang Krona Negara Denmark
Sejarah Mata Uang Franc Negara Swiss
Sejarah Mata Uang Lev Negara Bulgaria
Sejarah Mata Uang Dinar Negara Irak

 

Sejarah Mata Uang Pound Negara Mesir | admin | 4.5