Sejarah Mata Uang Quetzal Negara Guatemala

Monday, January 30th, 2017 - Uncategorized

Quetzal-Guatemala

Sejarah Mata Uang Quetzal Negara Guatemala – Quetzal (simbol: Q; kode ISO 4217: GTQ) adalah mata uang resmi negara Guatemala yang setiap satuannya dibagi menjadi 100 centavo. Simbol yang paling umum digunakan untuk quetzal adalah Q. Mata uang ini digunakan pertama kali sejak 1925. Mata uang ini dicetak oleh Bank Guatemala.

Republic Guatemala menjadi salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Guatemala masih tergolong negara berkembang ditandai dengan PDB per kapita mencapai 5.000 US Dollar. Dalam perkembangannya negara ini masih banyak muncul permasalahan khususnya di masalah sosial dimana Guatemala mauk dalam kategori 10 negara termiskin di Amerika Latin. Sejak zaman dulu pertanian di Guatemala menjadi satu bidang utama dalam perkembangan ekonomi.

Selain kopi ada beberapa komoditas lainnya yang ikut menyumbang yakni bunga, buah-buahan, sayur mayur, kerajian tangan, dan garmen. Masyarakat Guatemala yang menggunakan mata uang Quetzal mulai ramai mengelola dan medistribusikan uang mereka dengan bermodal hasil pertanian dan perkebunan. Meskipun mengandalkan sektor perkebunan pendapatan per kapita dan kesenjangan sosial di negara ini terlihat mencolok hampir setengah populasi penduduk berada di dalam angka kemiskinan.

Beberapa perang saudara selama 36 tahun membuat kesenjangan sosial di Guatemala semakin terlihat. Untuk mengakhiri peperangan tersebut dibuatlah perjanjian damai pada Desember 1996. Saat ini tantangan pemerintah Guatemala dalam meningkatkan pendapatan adalah membuka keran investor asing untuk bisa menanamkan modal di negara tersebut.

Mata uang Quetzal negara Guatemala memiliki peranan penting dalam pembangunan pemerintah Guatemala, Quetzal menjadi satu alat transaksi penting bagi masyarakat. Tantangan yang sedang dihadapi pemerintah Guatemala adalah meningkatkan pendapatan, negosiasi bantuan lebih lanjut dari donor internasional, peningkatan operasi keuangan baik pemerintah dan swasta, membatasi perdagangan narkoba dan kejahatan yang merajalela, dan mempersempit defisit perdagangan. Banyaknya warga negara Guatemala di Amerika Serikat membuat besarnya penerimaan dari remitansi–teratas di Amerika Tengah–, dengan arus masuk melayani sebagai sumber utama pendapatan setara hampir dua-pertiga dari ekspor.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Pound Negara Sudan
Sejarah Mata Uang Rial Negara Oman
Sejarah Mata Uang Quetzal Negara Guatemala
Sejarah Mata Uang Kina Negara Papua Nugini
Sejarah Mata Uang Gourde Negara Haiti

Sejarah Mata Uang Quetzal Negara Guatemala | admin | 4.5