Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan

Sunday, January 22nd, 2017 - Uncategorized

Rand-Afrika-Selatan

Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan – Afrika Selatan ini merupakan negara afrika yang berada di bagian selatan. Rand merupakan sebuah mata uang negara Afrika Selatan sejak tahun 1961 menggantikan Pound Afrika Selatan. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 cent. Mata uang ini terbagi menjadi R10, R20, R50, R100, R200. Mata uang R10 jika di bulatkan dalam Rupiah menjadi Rp 979. Pada masa dahulu, pemerintahan negara ini dikecam karena politik ‘apartheid’nya tetapi sekarang Afrika Selatan adalah sebuah negara demokratis dengan penduduk kulit putih terbesar di benua Afrika. Afrika Selatan juga merupakan negara dengan berbagai macam bangsa dan mempunyai 11 bahasa resmi. Negara ini juga terkenal sebagai produsen berlian, emas dan platinum yang utama di dunia.

Informasi terbaru dari mata uang Rand dari negara afrika selatan ini adalah munculnya atau di buatnya wajah mantan presiden kulit hitam pertama yang ada di afrika selatan yang pemilihannya di lakukan secara demokratis. Yaitu Nelson Mandela. Mata uang baru dengan pecahan R10, R20, R50, R100, R200 ini akan diumumkan akhir tahun 2015 ini oleh Presiden Jakob Zuma. Nelson Mandela dipenjara selama tiga puluh tahun karena menentang rezim apartheid yang dijalankan oleh kelompok minoritas kulit putih.

Perkembangan mata uang Rand Negara Afrika Selatan terbilang lambat. Negara ini adalah sebuah negara maju dengan penduduk yang berpendapatan sederhana. Negara ini kaya dengan bahan tambangnya. Bahan tambang yang di hasilkan dari negara ini pun bernilai tinggi. seperti emas, platinum dan berlian. Setelah kedatangan Inggris, bisa dikatakan ekonomi negara ini bergantung pada sektor pertambangan. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Karena sektor produksi menggantikannya dengan ektor industri yang maju milik Afrika selatan. Dan sempat menduduki peringkat 25 ekonomi terbesar di dunia. Hanya dengan 7 % penduduk dan 4% jumlah kawasan keseluruhan negara afrika, afrika selatan ini memiliki pengeluaran industri di afrika sebanyak 40 %.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Escudo Negara Portugal
Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia
Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania
Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia
Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan

Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan | admin | 4.5