Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia

Thursday, January 19th, 2017 - Uncategorized

Ringgit-Malaysia

Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia – Ringgit atau juga dikenal sebagai Ringgit Malaysia adalah unit mata uang Malaysia dengan kode mata uang MYR. Ringgit dapat dipecah menjadi 100 sen dan mempunyai pecahan uang kertas bernilai RM50, RM20, RM10, RM5, dan RM2; serta koin RM1, 50 sen, 20 sen, 10 sen, 5 sen, dan 1 sen. Nama “Ringgit” berasal dari sisi bergigi uang perak Spanyol yang digunakan secara luas pada zaman dahulu. Dolar Brunei juga dikenal sebagai ringgit oleh masyarakat lokal.

Pada 1837, mata uang Rupee India digunakan sebagai mata uang resmi di Penempatan Selat (yaitu Negeri-negeri Selat; Straits Settlements) tetapi pada 1867, dolar Perak kembali digunakan. Pada tahun 1903, dolar Selat ditetapkan senilai 2 shilling dan empat pence (mata uang Britania saat itu) setelah diperkenalkan oleh Dewan Pengatur Mata Uang (Board of Commissioners of Currency). Bank-bank swasta dilarang mengeluarkan uang kertas. Namun penggunaan mata uang ini terhenti akibat penaklukan Jepang pada 1942 hingga 1975 dan ketika mata uang ini ditetapkan kembali berdasarkan Pound Sterling pada 1967, nilai uang Selat telah jatuh sebanyak 15% dari nilai asalnya.

Mulai bulan Agustus 1975, mata uang Ringgit diterima secara resmi sebagai nama mata uang Malaysia. Sebelumnya, uang dikenal sebagai dolar dalam bahasa Inggris dan ringgit dalam bahasa Melayu. Namun penggunaan simbol $ tetap digunakan hingga akhirnya diganti menjadi RM pada tahun 1990-an.

Walaupun mata uang negara Malaysia yang bernama Ringgit adalah mata uang yang sudah resmi, ternyata mata uang dari negeri tetangga ini juga pernah digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu sekitar tahun 70an. Hal ini mungkin belum begitu diketahui oleh masyarakat Indonesia saat ini. Saat itu, pecahan 1 Ringit Malaysia bernilai dua setengah rupiah. Selain itu, Ringgit juga digunakan sebagai satuan keuangan pada masa Kesultanan Deli dengan memiliki nilai 2 kupang. Namun, saat ini uang tersebut tentu sudah tidak digunakan lagi di Indonesia karena Indonesia telah memiliki mata uang resmi sendiri yaitu Rupiah.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina
Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia
Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Singapura
Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam

Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia | admin | 4.5