Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia

Sunday, January 22nd, 2017 - Uncategorized

Rubel-Rusia

Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia – Rubel merupakan mata uang Rusia selama beberapa abad. Pembuatan uang koin rubel bermula pada tahun 1704. Rubel yang pertama adalah perak. Pada abad ke-19, beberapa koin rubel bersifat platinum. Rubel jenis emas diperkenalkan pada 1897 dan mempunyai berat setara dengan 0,774235 g emas. Rubel pada era Soviet tahun 1961 mempunyai berat setara dengan 0,987412 g emas.

Kini, mata uang rubel tidak lagi mempunyai kaitan dengan emas.10 rubel kadangkala dipanggil chervonet.Semua uang kertas Rusia dicetak oleh percetakan milik pemerintah, Goznak, yang didirikan pada 6 Juni 1919 dan masih beroperasi hingga sekarang. Kode mata uang ISO 4217 untuk Rubel Rusia saat ini adalah RUB; kode sebelumnya, RUR, merujuk kepada mata uang sebelum denominasi 1997.

Dalam beberapa tahun terakhir, rubel Rusia memang mengalami masa-masa yang sulit. Hanya dalam waktu beberapa bulan, mata uang Rubel telah kehilangan sekitar 20 persen nilainya terhadap dolar AS dan euro, meski kemudian memenangkan kembali sekitar 10 persen dari nilai sebelumnya. Perubahan drastis yang terjadi dengan rubel bukan pertama kalinya terjadi, penyebab utama volatilitasnya adalah perubahan harga minyak.

Mata uang Rubel Negara Rusia sering disebut sebagai turunan dari harga minyak..Nilai tukar mata uang Rusia ikut naik dan turun pada hari yang sama dengan bergejolaknya harga minyak. Hal ini mengindikasikan bahwa rubel Rusia sepenuhnya tergantung pada harga sumber energi tersebut. Dalam situasi turunnya harga minyak yang tajam dan penarikan modal dari Rusia dan sehubungan dengan diberlakukannya sanksi Bank Sentral menolak untuk mendukung mata uang Rubel negara Rusia mengakibatkan rubel kehilangan nilainya sebesar 60 persen dalam setahun terhadap dolar dan euro. Di tengah serangan terhadap rubel, akhirnya Bank Sentral menaikkan suku bunga utamanya hingga 17 persen sehingga pinjaman di Rusia dibekukan.

Bagi masyarakat, terjadi peningkatan tajam terhadap harga barang-barang impor dan harga tiket. Perjalanan ke luar negeri kini terasa jauh lebih mahal. Semua ini berakibat pada meningkatnya inflasi di Rusia.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Escudo Negara Portugal
Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia
Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania
Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia
Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan

Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia | admin | 4.5