Sejarah Mata Uang Rupee Negara India

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Rupee-India

Sejarah Mata Uang Rupee Negara India – Rupee India (Devanagari: रुपया) (simbol: ₹; kode ISO 4217: INR) adalah mata uang resmi negara India yang setiap satuannya dibagi menjadi 100 paisa. Simbol yang paling umum digunakan untuk rupee adalah Rs. Mata uang ini digunakan pertama kali sejak 1862. Rupee berasal dari bahasa Sanskerta rūp atau rūpā yang berarti perak.

Sejarah di India menyebutkan kebudayaan kerajaan Hindhu dan Budha begitu mendominasi sehingga banyak penduduk masih melakukan ritual agama. Melihat dari rekam jejak sejarahnya, mata uang Rupee ini sangat berperan penting dalam memajukan perekonomian di India. Dari peradaban zaman kuno dimana salah satunya sudah dianggap memiliki ekonomi maju yakni Peradaban Lembah Sungai Indus. India saat ini masih mengekspor produk pertanian, batu mulia, kimia, hasil kerajinan kulit, tekstil, dan jasa perangkat lunak. Untuk komoditas impornya mencakup minyak mentah, pupuk, bahan kimia, dan mesin.

Negara yang terkenal dengan kisah sejarah Mahabarata ini ternyata menjadi sebuah negara di Asia dengan jumlah penduduk tertinggi kedua di dunia. Popoulasi penduduk di India lebih dari satu miliar jiwa dan dipastikan roda perekonmian disana terbilang ramai dan cepat. Terbukti pada pertengahan tahun 1990 an India mendapat peringkat keempat dalam PDB. Pada tahun 2004 saja total ekspor India sudah mencapai 69,18 miliar Dollar sedangkan untuk impornya kurang lebih 89,33 miliar Dollar. Karena pertumbuhan ekonomi di India tergolong cepat maka pada tahun 2003 India mencapai rekor ekonomi dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sekitar 8%. Tidak hanya itu, mata uang Rupee juga masuk dalam urutan ke 10 untuk konversi mata uang dan mendapat peringkat ke 4 dalam PPP.

Meskipun mata uang Rupee negara India berhasil masuk dalam urutan ke 4, masih terdapat penduduk hidup di bawah garis kemiskinan namun jumlahnya semakin sedikit dari tahun ke tahun karena cepatnya pertumbuhan industry di bidang teknologi informasi. Mata uang rupee India dicetak oleh Reserve Bank of India yang sekaligus berperan sebagai bank sentral di negara yang terkenal dengan pakaian Sarinya.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Kuba
Sejarah Mata Uang Rupee Negara India
Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan
Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh
Sejarah Mata Uang Rupee Negara Pakistan

Sejarah Mata Uang Rupee Negara India | admin | 4.5