Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia

Thursday, January 19th, 2017 - Uncategorized

Rupiah-Indonesia

Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia – Rupiah adalah mata uang resmi Indonesia. Mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Secara tidak formal, orang Indonesia juga menyebut mata uang ini dengan nama “perak”. Satu rupiah dibagi menjadi 100 sen, walaupun inflasi telah membuatnya tidak digunakan lagi kecuali hanya pada pencatatan di pembukuan bank.

Pada masa-masa awal kemerdekaan, Indonesia belum menggunakan mata uang rupiah namun menggunakan mata uang resmi yang dikenal sebagai ORI. ORI memiliki jangka waktu peredaran di Indonesia selama 4 tahun, ORI sudah mulai digunakan semenjak 1945-1949. Pada masa itu, ORI merupakan mata uang yang memiliki nilai yang sangat rendah jika dibandingkan dengan uang-uang yang dikeluarkan oleh de Javasche Bank. Padahal uang ORI adalah uang langka yang semestinya bernilai tinggi.

Setelah NKRI lahir, pemerintah Indonesia pun berusaha sekuat tenaga menghapuskan berbagai bentuk pengaruh dari Belanda, terutama pengaruh dalam sistem keuangan Indonesia. Upaya tersebut antara lain yang pertama adalah menggantikan mata uang terbitan Belanda berdenominasi rendah dengan mata uang Rupiah berupa coin pecahan 1, 5, 10, 25, dan 50 sen, serta penerbitan uang kertas 1 dan 2 1/2 Rupiah.

Langkah selanjutnya, pemerintah Indonesia menasionalisasikan De Javasche Bank yang merupakan bank sentral RIS menjadi Bank Indonesia. Bank Indonesia sudah mulai merilis uang kertas baru, mulai dari 1 Rupiah hingga 100 Rupiah pada tahun 1952-1953. Ini merupakan pertanda baru dalam sejarah republik Indonesia, karena sejak tahun itu Bank Indonesia memiliki tugas untuk menerbitkan dan mengedarkan uang kertas Rupiah.

Sekarang ini, mata uang negara Indonesia yang bernama Rupiah sudah banyak seri atau pecahan Rupiah yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk mengganti, memperbaiki, dan menyempurnakan mata uang ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Rupiah merupakan cermin dari Indonesia. Sebagai salah satu kebanggaan negara, sudah selayaknya Rupiah diakui, dibanggakan, dan dijaga oleh setiap warga negara Indonesia.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Filipina
Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia
Sejarah Mata Uang Ringgit Negara Malaysia
Sejarah Mata Uang Dolar Negara Singapura
Sejarah Mata Uang Dong Negara Vietnam

Sejarah Mata Uang Rupiah Negara Indonesia | admin | 4.5