Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh

Saturday, January 28th, 2017 - Uncategorized

Taka-Bangladesh

Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh – Taka (Bengali: টাকা) (lambang: ৳, Tk ; kode: BDT) adalah mata uang negara Bangladesh. Bank Bangladesh, bank sentral negara, mengatur pengeluaran mata uang taka kecuali satu taka dan dua taka, yang merupakan tanggung jawab Menteri Keuangan Bangladesh.

Bangladesh merupakan sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan India, Myanmar, dan Teluk Benggala. Bangladesh dan Benggala barat di India membentuk kawasan etno-linguistik Benggala. Bangladesh pada umumnya berarti Negara Bangla. Pada tahun 1947, Perbatasan Bangladesh ditetapkan melalui pemisahan negara India. Negara ini berbatasan di sebelah timur dengan Pakista Timur yang terpisah sejauh 1.600 km dari sebelah barat. Perbedaan politik, bahasa, dan ekonomi menimbulkan perpecahan antara kedua belah pihak. yang berujung pada perang kemerdekaan tahun 1971 dan berdirilah negara Bangladesh.

Tahun-tahun berikutnya setelah kemerdekaan tidaklah mudah. Negara ini dilanda kelaparan, bencana alam, kemiskinan, huru-hara, korupsi, dan kudeta militer. Bangladesh merupakan negara kesatuan yang memiliki sistem pemerintahan demokrasi parlementer dengan presiden sebagai kepala negara. Kedudukannya banyak diisi dengan menghadiri upacara-upacara kenegaraan. Pendapatan per kapita Bangladesh telah meningkat dua kali lipat dan sejak awal tahun 1990-an tingkat kemiskinan menurun 20%. Negara dengan mata uang Taka ini dimasukan sebagai salah satu bagian dari “Next Eleven”.

Asal-usul nama taka sama seperti rupee – berasal dari bahasa Sanskerta juga. Bedanya, kalau rupee berarti koin perak yang telah ditempa, sedangkan taka merupakan denominasinya. Dalam bahasa ini kata asli taka iyalah tangka (tamka). Di daerah Bengali sendiri, waktu itu istilah ini digunakan untuk menyebut semua mata uang. Entah itu rupee maupun lainnya disebutnya taka. Sampai abad ke-14, orang Bengali Sultanate menyebut baik koin perak maupun emas sebagai taka.

Ibukota negara ini adalah Dhaka. Mata uang Taka negara Bangladesh ini mempunyai pecahan mulai dari 10, 20, 50, 100, sampai 1000Tk. Jika di rupiahkan maka, 50Tk sama dengan 8600 rupiah.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Peso Negara Kuba
Sejarah Mata Uang Rupee Negara India
Sejarah Mata Uang Ngultrum Negara Bhutan
Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh
Sejarah Mata Uang Rupee Negara Pakistan

Sejarah Mata Uang Taka Negara Bangladesh | admin | 4.5