Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia

Sunday, January 22nd, 2017 - Uncategorized

Tugrik-Mongolia

Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia – Tögrög atau Tugrik adalah mata uang resmi negara Mongolia sejak 9 Desember 1925 menggantikan mata uang Dolar Mongolia. Mata uang ini setiap satu-satunya dibagi menjadi 100 möngö (мөнгө). Mata uang ini terbagi menjadi 10, 20, 50 möngö, 1, 5, 10, 20, 50, 100, 500, 1000, 5000, 10 000, 20 000 tögrög. Pada tahun 2010, tugrik adalah mata uang berkinerja terbaik di seluruh dunia.

Saat awal dikenalkan, tugrik nilainya setara dengan rubel Soviet. Waktu itu satu rubel Soviet sama dengan perak seberat 18 gram. Secara otomatis, satu tugrik juga sama segitu. Simbol atau lambang untuk mata uang Tugrik Mongolia iyalah ₮. Penggunaannya disisipkan di depan angka sebagai tanda bahwa angka tersebut merupakan jumlah uang atau harga barang.

Mata uang negara Mongolia memiliki kode ISO 4217 MNT. Tapi dalam bidang bisnis dan perbankan internasional, sistem kode ISO 4217 lebih banyak digunakan. Hal ini dikarenakan penggunaan simbol mata uang banyak kelemahannya: susah diketik dan beberapa negara memiliki simbol uang yang kembar sehingga menimbulkan kekeliruan.

Mata uang Tugrik negara Mongolia kini banyak digunakan para kaum elit. Perputaran uang di negara ini hanya berpusat di sektor kaum elit saja seperti petinggi pabrik dan para pengusaha tambang. Perekonomian di negara ini memang sangat pesat dengan mengandalkan sektor pertambangan bahan mentah. Namun ada satu kendala yang jelas terlihat dimana keuntungan dari tambang baru bisa dinikmati oleh golongan elit saja, belum sampai ke rakyat miskin.Satu daerah yang terkenal ditinggali penduduk miskin yaitu Gurun Gobi.

Satu penyebab jumlah kemiskinan bukanlah jumlah lapangan kerja kurang mencukupi, tetapi karena tidak tersedianya indusrti kecil yang bisa menampung para pekerja. Menjual bahan mentah menjadi satu kegiatan utama di sektor perekonomian Mongolia. Kini Mongolia sudah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi di atas 14% sejak tahun 2015 lalu. Meskipun dunia internasional dilanda krisis besar, Mongolia berhasil bertahan dan bahkan terus bertumbuh.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Escudo Negara Portugal
Sejarah Mata Uang Rubel Negara Rusia
Sejarah Mata Uang Lek Negara Albania
Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia
Sejarah Mata Uang Rand Negara Afrika Selatan

Sejarah Mata Uang Tugrik Negara Mongolia | admin | 4.5