Sejarah Mata Uang Yen Negara Jepang

Saturday, January 21st, 2017 - Uncategorized

Yen-Jepang

Sejarah Mata Uang Yen Negara Jepang – Yen adalah mata uang Jepang dengan Simbol: ¥;. Pemerintah Jepang menetapkan mata uang Yen sejak 27 Juni 1871 berdasarkan Shinka jōrei (peraturan pemerintahan tentang mata uang baru). Sebagai lambang digunakan tanda ¥ dan menurut ISO 4217 dilambangkan sebagai JPY. Bila ditulis dengan romaji menjadi Yen dan bukan En, karena di akhir zaman Keshogunan Tokugawa, aksara katakana エ (e) dibaca sebagai “je”. Pada waktu itu, kota Edo ditulis sebagai “Yedo”, Pulau Ezo sebagai “Yezo”, dan Ebisu ditulis sebagai “Yebisu”.

Uang kertas jepang memiliki lebih sedikit denominasi / pecahan bila dibanding mata uang kita, rupiah. Yaitu 4 pecahan doang. Selain sedikit, pecahan tersebut juga dilengkapi blind code semua (sedangkan rupiah hanya beberapa saja). Yaitu kode yang bisa digunakan untuk orang tuna netra biar bisa mengenali nominalnya dengan cara diraba. Adapun tanda tersebut adalah berupa tanda garis untuk uang 1000yen, tiga bulatan untuk 2000yen, satu tanda bulat untuk 5000yen dan garis siku untuk pecahan terbesar 10,000 yen.

Untuk uang koinnya, mata uang Yen masing-masing koin memiliki ukuran, berat, warna dan juga bentuk yang sangat berbeda.Koin terbesar dan paling terberat adalah pecahan 500 yen yang berwarna kuning berbahan nikel sedangakan koin paling kecil dan paling ringan berbahan alumunium adalah 1 yen nerwarna perak dan sisa lainnya adalah 100 yen.

Bank central Jepang memberlakukan sebuah aturan yang dikenal clean money policy. Jadi tidak heran di sini rata-rata mata uang negara Jepang yang bernama Yen uangnya terlihat baru. Tidak seperti rupiah milik Indonesia, mentang-mentang nominal uang kecil kadang dicoret-coret bahkan diedit gambar pahlawannya. Selain kebijakan tersebut, hal lain yang menyebabkan uang yen terawat ya karena orang jepang memperlakukan dengan baik, sudah gitu bahan pembuatan uangnya juga dari bahan yang berkualitas tinggi (washi) yang otomatis menjadikannya tidak mudah rusak.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Yuan Negara China
Sejarah Mata Uang Won Negara Korea Selatan
Sejarah Mata Uang Yen Negara Jepang
Sejarah Mata Uang Kip Negara Laos
Sejarah Mata Uang Won Negara Korea Utara

Sejarah Mata Uang Yen Negara Jepang | admin | 4.5