Sejarah Mata Uang Yuan Negara China

Saturday, January 21st, 2017 - Uncategorized

Yuan-China

Sejarah Mata Uang Yuan Negara China – Kita sudah tau bahwa mata uang yang resmi di China adalah renminbi. Renminbi di negara China mulai diperkenalkan sejak 1949. Berdasarkan Meriam-Wester renminbi terdiri dari dua kata. Renmin berarti “rakyat”, dan bi berarti “uang”. Maka tak heran kalau banyak orang China menyebutnya “uang rakyat”. Namun karena pihak yang berwenang yang bisa mencetak uang ini adalah The People’s Bank of China atau Bank Rakyat China, maka uang ini juga kerap disebut “uang RRC”.

Satu yuan Renminbi dibagi menjadi 100 fen atau 10 jiao. Koin dengan nilai terkecil saat ini adalah 1 jiao. Dalam perkembangannya, mengenai kurs renminbi pada mata uang asing khususnya dolar, renminbi pernah dipatok 8,28 terhadap dolar AS selama 11 tahun hingga 21 Juli 2005. Tindakan ini dianggap akal-akalan pemerintah China saja dengan tujuan agar barang-barang produksi dari China mempunyai harga yang lebih murah dalam pasar internasional. Atas dasar kecaman dari Amerika inilah kurs renminbi kembali diambangkan kembali pada 21 Juli 2005 bertepatan dengan ringgit Malaysia yang waktu itu juga mengembalikan ke nilai ambang. Dari yang awalnya 8.22 yuan per 1 dollar, mejadi ¥8.11.

Beberapa dari kita juga pasti sempat bingung apakah mata uang Cina Renminbi atau Yuan?. Yuan hanyalah unit satuan dari Renminbi. Jadi penggunaan Yuan semisal “Barang ini harganya 25 Yuan dan dibayar mengunakan mata uang Renminbi. Sama halnya dengan inggris yang mata uangnya Poundsterling tapi kita menggunakan satuanya Pound. Yuan terdiri dari uang koin dan yang kertas. Saat ini pecahan uang koin Yuan terdiri dari 0.01 Yuan, 0.05 Yuan, 0.10 Yuan, dan 1 Yuan. Sedangkan uang kertas Yuan terdiri dari pecahan 1 Yuan, 5 Yuan, 10 Yuan, 20 Yuan, 50 Yuan,dan 100 Yuan.

Karakter apa yang paling mencolok dari Renminbi? Pertama adalah Mao Zedong, dan kedua adalah warna merah. Uang kertas Renminbi yang lama pernah menggunakan gambar ilustrasi sosok dari suku-suku minoritas China, seperti Tibet, Mongol, Hui, Miao, Uyghur, dll. Namun di seri-serinya yang terbaru, sosok Mao Zedong mendominasi ilustrasi di pecahan uang kertasnya, disertai dengan panorama dan bunga-bungaan. Mata Uang Yuan Negara China juga terdapat beberapa gambar dari beberapa pemimpin lainnya di seri sebelumnya, tetapi gambar Mao Zedong telah menjadi salah satu icon bagi Renminbi, sebagaimana juga warna merah ini.

baca juga :

Sejarah Mata Uang Yuan Negara China
Sejarah Mata Uang Won Negara Korea Selatan
Sejarah Mata Uang Yen Negara Jepang
Sejarah Mata Uang Kip Negara Laos
Sejarah Mata Uang Won Negara Korea Utara

Sejarah Mata Uang Yuan Negara China | admin | 4.5